Ilmu Komunikasi

VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI  

================================================================================================


VISI

Mewujudkan Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi unggul di tingkat DKI Jakarta pada  tahun 2022 dalam kajian dan penelitian ilmu komunikasi.

 

MISI  

 

1.     Membina Ipteks yang bersandarkan pada kesadaran pengembangan riset ilmu komunikasi.

2.     Penciptaan sistem Perguruan Tinggi dan lingkungan kampus yang kondusif sebagai pusat ilmu, 

        teknologi dan seni yang berdasarkan nilai-nilai religius.

3.     Mengembangkan profesionalisme yang berorientasi pada pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4.     Mempersiapkan kualitas lulusan FIKOM UIC berbasis kompetensi yang memiliki nilai-nilai religiusitas dan kemodernan

5.     Menjadikan FIKOM UIC sebagai pusat gerakan Dakwah di Jakarta dan sekitarnya

 

TUJUAN  

 

1.     Menciptakan FIKOM UIC sebagai pusat unggulan (center of excellent) IPTEKS 

        yang akuntabel, efisien, efektif, demokratis dan transparan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

2.     Menghasilkan lulusan FIKOM UIC yang berkualitas dan memiliki jiwa kewirausahaan 

        serta berkompetensi dalam bidang komunikasi.

 

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI DI ILMU KOMUNIKASI  


VISI

Program Studi yang unggul di tingkat DKI Jakarta pada tahun 2022 dalam kajian dan penelitian Ilmu Komunikasi dengan lulusan yang siap menghadapi perubahan tuntutan perkembangan Iptek dan berdaya saing global serta kokoh dalam Imtak.


MISI  


1.   Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, untuk menghasilkan sumber daya manusia professional.

2.   Melaksanakan kegiatan penelitian ilmu komunikasi yang aktual dan kontekstual.

3.   Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi dari ilmu komunikasi 

      bagi kepentingan kemanusiaan dan kebenaran.

4.   Melaksanakan kajian Islam melalui program komunikasi dakwah.

 

TUJUAN  

 

1.   Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang kompeten dan profesional.

2.   Menghasilkan penelitian di bidang ilmu komunikasi.

3.   Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kepekaan terhadap permasalahan masyarakat 

      khususnya di bidang ilmu komunikasi.

4.   Menghasilkan lulusan sarjana komunikasi yang kokoh dalam iman dan takwa dan menguasai iptek.


 

================================================================================================

NAMA-NAMA MATA KULIAH

================================================================================================ 

 

SEMESTER I :

Pancasila & Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia

Pendidikan Agama Islam

Ilmu Sosial Budaya

Etika & Pengembangan Profesi

Pengantar Ilmu Komunikasi

Pengantar Sosiologi

Dasar Dasar Logika

 

SEMESTER II :

Bahasa Inggris

Sejarah & Pemikiran Ibnu Chaldun

Bahasa Arab

Pengantar Humas & Komunikasi Korporat

Pengantar Statistik Sosial

Pengantar Jurnalistik & Komunikasi Media Massa

Pengantar Periklanan & Komunikasi Pemasaran

Pengantar Psikologi

 

SEMESTER III :

Pengenalan Pemahaman Al Qur’an & Hadist

Sejarah Peradaban Islam (SPUI)

Bahasa Inggris Komunikasi

Metode Penelitian Sosial Kuantitatif

Komunikasi Antar Pribadi

Filsafat Ilmu

Sosiologi Komunikasi

Komunikasi Kelompok

 

SEMESTER IV :

Filsafat Islam

Metode Penelitian Sosial Kualitatif

Diplomasi & Negosiasi

Hubungan Antar Manusia

Analisis Jaringan Komunikasi

Speech & Presentation Skill

Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem Politik Indonesia

 

SEMESTER V :

Komunikasi Organisasi

Komunikasi Antar Budaya

Teori Komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Manajemen Isu & Opini Publik

Audit Komunikasi

Kreatif Komunikasi

Metode Penelitian Komunikasi R & D

 

SEMESTER VI

Kapita Selekta Ilmu Komunikasi

Etika & Filsafat Komunikasi

Komunikasi Internasional

Komunikasi Massa

Sistem Komunikasi Indonesia

Psikologi Kewirausahaan

Psikologi Komunikasi

Strategi Perubahan & Komunikasi

 

SEMESTER VII:


KONSENTRASI PEMASARAN

Prilaku Konsumen

Manajemen Periklanan

Komunikasi Persuasi

Kuliah Kerja Nyata Plus

Seminar Proposal

 

KONSENTRASI HUMAS

Public Relation Campaign

Media Relations

Community Relations

Kuliah Kerja Nyata Plus

Seminar Proposal

 

KONSENTRASI JURNALISTIK

Citezen Jurnalisme

Investigasi & Reporting

Feature & Editorial

Kuliah Kerja Nyata Plus

Seminar Proposal

 

SEMESTER VIII :

Skripsi