BAWASLU DKI JAKARTA GANDENG 7 FAKULTAS DI UIC DALAM PENGAWASAN PEMILU SERENTAK 2024

14 December 2022

Bawaslu DKI Jakarta Gandeng 7 Fakultas di Universitas Ibnu Chaldun dalam Pengawasan Pemilu Serentak 2024

JAKARTA – Universitas Ibnu Chaldun (UIC) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kepada 7 fakultas UIC dalam rangka meningkatkan kerja sama serta kolaborasi kepemiluan kepada UIC terkhusus bagi Mahasiswa UIC Jakarta.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Aula Prof. Dr Bhader Djohan, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, pada, Rabu, (14/12/2022).

Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Munandar Nugraha menyampaikan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Perpu Pemilu Nomer 1 tahun 2022, Pasal 117 yaitu ayat (3) tentang syarat usia Panwaslu kelurahan/desa dan pengawas TPS.

Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, dapat diisi oleh calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS yang berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun dengan persetujuan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Munandar pun memastikan, dengan di putuskan Perpu tersebut dapat membuka peluang bagi mahasiswa UIC untuk terlibat secara formal dalam pengawasan pemilu.

"Saya memastikan dengan perpu ini membuka peluang besar kolaborasi kita secara formal untuk sahabat sahabat mahasiswa mahasiswi terlibat secara formal di pengawasan pemilu, minimal pengawas TPS," ucap Munandar dalam sambutannya, di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Jakarta Timur, Rabu (14/12/2022).

Ia pun berharap, dengan ditetapkanya Perpu tersebut nantinya Bawaslu DKI bisa berkolaborasi dalam pengawasan pemilu kepada mahasiswa UIC di masing-masing wilayah.

"Saya berharap nanti kolaborasi kerja kerja pengawasan pemilu secara formal bisa di optimalkan dengan mahasiswa mahasiswi uic di wilayahnya masing masing," ucap Munandar

Lanjutnya ia mengatakan, dengan kolaborasi tersebut dapat menjadi batu loncatan bagi mahasiswa UIC untuk berkarir di Bawaslu DKI.

"Mudah mudahan ini menjadi karir, menjadi batu loncatan, nantinya sahabat sahabat mahasiswa bisa menggantikan kami," kata Munandar.

Mudanadar berharap, dengan komunikasi serta kolaborasi yang telah tejalin selama ini hubungan UIC dengan Bawaslu DKI tetap terjaga dengan baik.

"Saya pikir komunikasi kolaborasi kita antara Bawaslu dengan uic harus terus terjaga," ujarnya

Dilokasi yang sama, Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Dr. Rahma Marsinah mengatakan, kerjasama antara UIC dengan Bawaslu DKI ditujukan semata mata untuk menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

"Kerja sama dengan Bawaslu DKI ini adalah dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat terkait dengan Pemilu,” ujarnya.

Lanjutnya, Rahmah mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu DKI yang telah melibatkan mahasiswa UIC dalam Pengawasan Pemilu di DKI Jakarta.

"Untuk itu kami berterima kasih kepada Bawaslu yang telah melibatkan mahasiswa kami," ucapnya.

Rahma menjamin seluruh mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta akan turut berpartisipatif aktif dalam menjalakan haknya sebagai pemilih dan juga dalam pengawasan pemilu serentak yang akan di selenggarakan tahun 2024 mendatang.

"Insyaallah mahasiswa kami akan turut partisipatif aktif dalam pengawasan pesta demokrasi yg memang akan di selenggarakan pada tahun 2024 ini," tutupnya.

 

Oleh : Tegar - Mahasiswa Fikom Universitas Ibnu Chaldun


Whatsapp