Pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun memiliki tujuan untuk menghasilkan Profil Lulusan “Tunas Sarjana yang Unggul Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta Kokoh Dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ)”.
Lulusan yang unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) disasarkan untuk memenuhi dan mendukung peningkatan daya saing bangsa dalam kanca Nasional hingga Internasional. Kemudian membentuk lulusan yang kokoh dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ) merupakan metode yang dijalankan dengan memberikan pembekalan kepada insan akademik melalui pembelajaran kurikulum yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Assunah serta nilai-nilai dan norma kebudayaan Islam di Indonesia.
Pendekatan dalam rangka perwujudan tujuan dari pengajaran di Universitas Ibnu Chaldun terdiri atas sifat interaktif, holistic, intergatif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan semangat yang religius, modern, profesional serta mampu bersaing serta kerjasama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pelaksanaan pendekatan tersebut dilakukan oleh program studi yang ada di unit pengelola masing-masing yakni Fakultas melalui proses pembelajaran. Selain Program Studi dan Fakultas, unit lain seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Bahasa hingga Lembaga Penjaminan Mutu turut serta mewujudkan tujuan pendidikan hingga Visi Universitas Ibnu Chaldun.
Proses Pembelajaran Program Studi dan Fakultas di Universitas Ibnu Chaldun melalui penerapan kurikulum berpedoman pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Kurikulim tersebut dijalankan melalui Mata Kuliah yang terdiri atas: (1) MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum); (2) Mata Kuliah Fakultas dan Prodi serta (3) Mata Kuliah Kekhususan.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN UNIVERSITAS IBNU CHALDUN
SIKAP (S) |
|
KODE |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
S1 |
Betaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius. |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, norma dan etika. |
S3 |
Berkepribadian Pancasila dan taat menjalankan Perundang-undangan yang berlaku. |
S4 |
Berperan aktif sebagai warna Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki jiwa patriotism dan nasionalisme. |
S5 |
Memiliki kepribadian yang mandiri yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, cakap dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
S6 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. |
S7 |
Menghargai keanekaragaman ras, budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S8 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S9 |
Taat hukum dan displin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S10 |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. |
PENGETAHUAN (P) |
|
KODE |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
P1 |
Setiap Lulusan Universitas Ibnu Chaldun memiliki Ilmu dan Pengetahuan yang Unggul Dalam IPTEK dan Kokoh Dalam IMTAQ. |
P2 |
Mampu memahami serta mengembangkan teori dan konsepsi gagasan ilmiah, memberikan kontribusi pada pengembangan, pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai dan norma. |
P3 |
Mampu melakukan kajian dan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
P4 |
Mampu melakukan pengabdian melalui interdisiplin, multidisplin atau transdisplin yang tepat guna, terkini, termaju dan memberikan kemaslahatan pada umar manusia, masyarakat, bangsa dan Negara. |
P5 |
Mampu mengkaji keilmuan, penelitian dan kegiatan pengabdian yang didasarkan pada Al-Qur’an dan As Sunnah serta norma, nilai dan etika. |
KETERAMPILAN UMUM (KU) PROGRAM SARJANA |
|
KODE |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KU1 |
Mampu menerapkan ilmu pengetahuan sesuai ajaran Islam, nilai, norma dan etika. |
KU2 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai dan norma yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ajaran islam, nilai dan norma sesuai dengan keahliannya. |
KU4 |
Mampu mengimplementasikan keilmuan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU6 |
Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KETERAMPILAN UMUM (KU) PROGRAM MAGISTER |
|
KODE |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KU1 |
Mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan sesuai ajaran Islam, nilai, norma dan etika. |
KU2 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui pengembangan keilmuan, penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ajaran islam, nilai, norma dan etika. |
KU3 |
Mampu menyusun ide, gagasan, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara cakap dan bertanggung jawab. |
KU4 |
Mampu menggunakan metodologi yang normatif, komparatif atau sosiologis baik dengan pendekatan interdisplin, multidisplin atau transdisplin |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ajaran islam, nilai, norma dan etika. |
KU6 |
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. |