KKN FIKOM UIC Jakarta, Buka Jendela Informasi Potensi Ekonomi dan Pariwisata Desa Sindanglaya, Sobang, Banten

08 February 2023

 

JAKARTA- Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN FIKOM UIC) di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten.

Acara yang digelar sejak tanggal 2 hingga 5 Februari 2023 ini berlangsung sukses. Dimulai dengan acara pelepasan yang berlangsung di Aula Prof Dr Badher DjohanUIC Jakarta yang dihadiri oleh Rektor UIC, Dr Rahmah Marsinah,SH,MH.

Dalam sambutannya pada acara pelepasan KKN, Rahmah berpesan agar kegiatan KKN ini dapat memberikan dampak nyata bagi warga desa Sidanglaya.

"Saya berharap, mahasiswa Fikom yang melakukan giat KKN dapat memberikan yang terbaik bagi warga desa Sindanglaya, utamanya membantu promosi budaya, pariwisata dan ekonomi lokal," ujar Rahmah dalam keterangan pers, Senin, 6 Februari 2023. 

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UIC Jakarta, Rahmat Hidayat, M.I.Kom menjelaskan, bahwa pada kegiatan KKN ini, mahasiswa mengusung tema Membuka Jendela Informasi Potensi Ekonomi dan Pariwisata di desa Sindanglaya.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa peserta KKN Fikom UIC yang berjumlah 57 orang terdiri dari 3 konsentrasi yaitu Pemasaran, Humas serta Jurnalistik mengunjungi lokasi lokasi yang dinilai memiliki  budaya dan pariwisata serta mengunjungi sentra industri  yang dinilai memilki potensi ekonomi.

"Lokasi yang dinilai memiliki potensi ekonomi yaitu kerajinan golok khas Sindanglaya yang sudah turun temurun, kemudian produk gula aren yang sudah terkenal dimasyarakat luas, serta produk kopi khas Sobang yang berasal dari hutan lindung Gunung Bongkok," ujarnya.

Lokasi yang dinilai memiliki potensi pariwisata yaitu curug Peuteuy yang indah dan lokasi camping ground. Peserta KKN Fikom juga Desa Adat Kasepuhan Pasir Erih yang memiliki daya tarik wista dan juga potensi budaya lokal.

"Dilokasi tersebut para peserta KKN konsentrasi pemasaran melakukan kegiatan pengambilan gambar, syuting, untuk iklan produk golok, gula aren dan kopi. Kemudian konsentrasi Humas di lokasi Camping Ground dan Curug Peuteuy dan Desa Adat Kasepuhan Pasir Erih," jelasnya.

 

Mahasiswa Fikom UIC berpose di depan Kantor Desa Sindanglaya dalam kegiatan KKN. Hadir pula Lurah Desa Sindanglaya, Japi Priatna (berbaju merah), perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Sindanglaya. (Foto: Dok.Fikom UIC/Seihab Sowakil).

 

"Mahasiswa yang konsetrasi jurnalistik meliput keseluruhan acara dan juga membuat paket liputan wisata dan feature," tambahnya. 

Sementara Ketua Penyelenggara KKN Fikom, Rida Purwati menambahkan, latar belakang diadakannya kegiatan ini untuk membuka jendela informasi serta mengangkat potensi ekonomi, wisata dan budaya yang ada di desa Sindanglaya guna dikembangkan menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan berupa paket wisata edukasi dan budaya.

"Output dari KKN Fikom UIC kali ini adalah berupa video publikasi, liputan dan iklan yang akan di post melalui akun media sosial seperti youtube, Instagram dan Tiktok. Kami juga kan membuatkan media sosial Desa Sindanglaya," ujar Rida yang merupakan mahasiswi semester 7 Fikom UIC.

Dalam kegiatan KKN ini, mahasiswa Fikom UIC juga menyumbangkan buku-buku edukasi dan alat perlengkapan sholat seperti sarung, sajadah, dan mukena, serta Al Qur'an, Juz Amma.

Menurut Rida, bantuan ini diberikan dari hasil sumbangan para mahasiswa/i Fikom UIC Jakarta, serta dari sponsor salah satunya RNI Law Office. Pihakya juga mengucapkan terima kasih kepada FIFGROUP yang telah ikut berpartisipasi seabgai sponsor dalam gelaran KKN kali ini.

"Harapan kami mahasiswa peserta KKN Fikom UIC adalah bahwa apa yang kami lakukan dapat membantu Desa Sindanglaya mempromosikan desa yang indah ini yang sejatinya memiliki keunikan budaya dan keindahan alam serta berbagai kerajinan khasnya," ujar Rida.

"Semua potensi ini dapat menjadi destinasi wisata dan potensi ekonomi kreatif yang dapat menarik para wisatawan dan pada akhirnya nantinya akan mendorong perekonomian daerah," pungkas Rida. (***)


Whatsapp