BEM FIKOM UIC SERUKAN CIVITAS AKADEMIK “JANGAN TAKUT DONOR DARAH DI MASA PANDEMI”

28 July 2021

 JAKARTA - Setiap tahunnya PMI membutuhkan 5 juta kantong darah untuk kebutuhan kesehatan dan kemanusiaan. Namun selama masa pandemi Covid-19, jumlah pendonor menurun drastis, hal ini disebabkan ada berbagai kekhawatiran dari masyarakat padahal banyak manfaat dari donor darah, selain Selain sebagai bentuk rasa kemanusiaan untuk membantu sesame, donor darah membuat seperti membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus mendorong produksi darah baru. Donor darah disebut juga dapat menurunkan resiko kanker dan serangan jantung.

Maka dari itu, BEM FIKOM Universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengadakan sosialisasi tentang pentingnya donor darah dan keamanannya selama masa pandemi ini, kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu, (24/7/21).

Wakil Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, Dian Winarti, mengatakan setetes darah menjadi sumber kehidupan yang memberikan kekuatan untuk orang lain dengan memberi tanpa harus merasa kehilangan, ucapnya dalam Webinar ‘Saving Life Through 350Cc of Kindness In The Pandemic’ yang diadakan BEM FIKOM UIC beberapa hari yang lalu.

Sejalan dengan acara tersebut, BEM FIKOM UIC Jakarta, akan menyelenggarakan acara pengabdian kepada masyarakat melalui acara donor darah yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021, bertempat di Aula Prof. Bahder Djohan Kampus UIC Jakarta.

“Kami memahami bahwa masyarakat panik dengan kondisi Indonesia khususnya Jakarta saat ini, tetapi kami sebagai mahasiswa tidak bisa tutup mata pula kepada mereka yang sedang berjuang mencari stok darah di PMI setempat, untuk itu tim SosKemas BEM Fikom bekerjasama dengan PMI Pusat mengadakan kegiatan Webinar dan donor darah, kami berharap selain aksi nyata, ada juga ilmu yang dapat di bagikan mengenai donor darah”. Ujar Ratu Ketua BEM Fakultas Ilmu Komunikasi UIC Jakarta, Selasa (27/7/21).

Sedangkan untuk para pendonor harus melakukan protokol kesehatan, yakni #pakaimasker, #cucitangan pakai sabun, dan #jagajarak hindari kerumunan. Seluruh protokol ini berlaku dalam kegiatan donor darah, baik di rumah, mobil PMI, ataupun di  Unit Donor Darah PMI.


Berita Lainnya


17 September 2021

Whatsapp