Jadi Alumni yang Sukses, Bupati Halmahera Selatan Beri Semangat Ratusan Mahasiswa UIC Jakarta

16 January 2023

Jakarta – Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik menjadi pembicara pada acara Kuliah Umum dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada Sabtu, 14 Januari 2023.
Dalam pemaparannya berjudul “Strategi Pembangunan Daerah Melalui Pendidikan" Usman yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum UIC Jakarta menegaskan bahwa pendidikan merupakan tulang punggung strategi pembentuk karakter bangsa.


“Karenanya pendidikan harus mendapat perhatian lebih dan menjadi yang utama terutama di daerah, dan itu yang kami lakukan,” ujarnya.
Sidik menjelaskan, wilayah Halmahera Selatan yang berbasis kepulauan, maka dibagi menjadi tiga (3) model, diantaranya: pada wilayah kabupaten disebut sekolah besar, pada wilayah kecamatan disebut sekolah kluster dan pada wilayah kecamatan kepulauan disebut sekolah gugus pulau


Selain itu lanjutnya, pihaknya juga menerapkan program “SMART SCHOOLS”. Menurutnya, implementasi dari program ini antara lain; tersediannya sekolah terpadu atau terintegrasi dan kewenangan Kabupaten lingkup PAUD, SD, dan SMP.
“SMART SCHOOLS” juga ditujukan untuk mengejar mutu Pendidikan, peningkatan SDM melalui pembiayaan pendidikan untuk Guru dan Tenaga Pengajar dan program Beasiswa bagi mahasiswa Sarjana (Strata 1) serta pembelajaran Berbasis Digital,” Jelasnya.
Usman Berharap, dunia pendidikan terutama Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan sumber daya manusia. Hal ini agar pembangunan di daerah dapat berlansung dengan baik, tentunya dengan SDM putra daerah sendiri.


Usman mencontohkan, dalam program smart city yang dia gagas di Halses pihaknya menggunakan SDM local yang ternyata dapat menyelesaikan proyek smart city dengan ccepat dan dengan biaya yang lebih murah.
Semetara Rektor UIC Jakarta, Dr. Rahmah Marsinah mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kunjungan Bupati Halsel ke Kampus UIC di Jl Pemuda Kav. 97, Rawamangun, Jakarta Timur.


Rahmah juga mengungkapkan, Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik merupakan salah satu contoh alumni UIC Jakarta yang berhasil mencapai dalam karir dan kehidupannya.
“Saya berharap, kesuksan Usman Sidik dapat menjadi contoh yang baik bagi para mahasiswa yang tengah mengeyam pendidikan di UIC Jakarta. Saya juga mengundang alumni UIC lainnya yang telah sukses untuk datang membangun kampus tercinta ini,” pungkasnya.


Whatsapp