Kuliah Lapangan, 60 Mahasiswa Fikom UIC Visit Media ke Studio Bens Radio

24 March 2023

Jakarta – Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (Fikom UIC) melakukan kegiatan Visit Media ke studio Bens Radio, di Ciputat Tanggerang Selatan, pada Senin, 20 Maret 2023.

“Kegiatan ini adalah upaya memperkenalkan dunia broadcast khususnya radio kepada mahasiswa agar mereka bisa mendapatkan pengalaman langsung seperti apa media Radio tersebut,” ujar Dekan Fikom UIC, Rahmat Hidayat di sela-sela acara.

Para mahasiswa peserta visit media ke Bens Radio merupakan mahasiswa dari dua kelas yang mengikuti perkuliahan Industri Media Penyiaran sebagai salah satu mata kuliah fi Fikom UIC.

“Para mahasiswa sangat antusias untuk ikut kegiatan ini, tapi karena soal kapasitas, dari 3 kelas, kita sertakan dua kelas saja,” imbuhnya.
Ke 60 mahasiswa Fikom UIC diterima langsung oleh Stations Manager Bens Radio 106,2 FM, Kevin Onyx dan Sophia Smith, Marketing Communication sekaligus penyiar serta, Bunga Alisha, Produser Prime time, Bens Radio.

Para mahasiswa diberikan kesempatan untuk tur melihat langsung studio siaran dan produksi Bens Radio. Bahkan berkesempatan mendapatkan penjelasan langsung terkait proses produksi dan siaran radio.

“Saat ini Bens Radio adalah radio no 1 dengan pendengar terbanyak di Jakarta. Kami menyambut baik kedatangan mahasiswa UIC Jakarta, semoga acara visit media ini bisa bermanfaat bagi mereka,” ujar Kevin.

Kevin mengatakan, meski saat ini digitalisasi telah mendorong media konvensional termasuk radio terestrial tertekan, namun keberadaan media radio sebagai media masih akan tetap dibutuhkan.

“Radio tidak akan pernah mati, meski saat ini digitalisasi tak terhindari. Untuk itu media Radio saat ini juga harus memaksimalkan saluran digital melalui media sosial,” ujar Kevin.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Media Visit tersebut Bens Radio akan menjalin kerjasama lanjutkan  Universitas Ibnu Chaldun Jakarta khususnya Fikom UIC antara lain dengan memberikan kesempatan magang.

“Kami berharap lewat acara ini bisa dilanjutkan dengan kerjasama lainnya antara Bens Radio dan Fikom UIC Jakarta,” pungkasnya.
Bens Radio adalah radio Betawi satu-satunya di Jakarta. Didirikan oleh mendiang artis dan komedian legenda, Benyamin Suaeb pada tahun 1990.

 

 

 


Whatsapp