Kunjungan Studi Lapangan Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta ke LPKA Kelas II Jakarta

12 July 2024

Jakarta, 12 Juli 2024 – Dalam rangka memperkuat pemahaman dan pencapaian pembelajaran Kunjungan Studi lapangan LPKA KELAS II JAKARTA, Semester IV Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang mengikuti perkulian Hukum Acara Pidana sukses menyelenggarakan kegiatan Studi Lapangan ke LPKA Kelas II Jakarta di Cinere Kota Jakarta Selatan pada Rabu lalu (10/7/2024)

-

Wakil Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) Dr. SRI SUGIARTI, S.H, M.M, M.H. yang juga Dosen FH UIC dan Ka. Prodi Ilmu Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Ahmad Faisal S.H., M.H., Ikut serta mendampingi kunjungan Studi Lapangan yang diikuti oleh 41 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

             

"Tujuan kami melaksanakan Kunjungan Studi Lapangan ini untuk Memahami sistem pembinaan di LPKA, Mendapatkan pengetahuan langsung tentang bagaimana sistem pembinaan di LPKA dijalankan, peran-peran petugas LPKA, dan juga untuk mengetahui kondisi dan permasalahan terkhusus pada mata kuliah Hukum Acara Pidana.” ujar Kaprodi Ilmu Hukum Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

                

"Dari kegiatan kunjungan ke LAPAS ini juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang praktik permasyarakatan di LAPAS/LPKA, dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kondisi LAPAS secara kontekstual melalui observasi lapangan dan wawancara dengan petugas LAPAS dan warga binaannya" sambungnya.

Berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan setiap hari di LPKA, ternyata tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan anak pada umumnya. Kegiatan rutin antara lain : Sekolah, kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan/ latihan, kegiatan dalam bidang Olahraga dan Seni, kegiatan yang berkaitan dengan kerohanian mental dan spiritual dan rekreasi. Dengan kegiatan yang dilakukan, setiap anak binaan diharapkan mampu mengubah perilakunya menjadi lebih baik dan mampu menjadi seorang yang sukses/ berhasil di masa depannya.

"Saya harap kalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, meningkatkan pemahaman tentang sistem peradilan anak, dan mengambil manfaat-manfaat baik dari ketrampilan yang diberikan di sini" ujar Bendahara Yayasan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa didampingi langsung oleh Kepala LPKA Kelas II Jakarta Bapak Akhmad Sobirin Soleh Dan PLH Kepala LPKA Kelas II Jakarta Bapak Sujaddi, A.MD.IP. Seluruh mahasiswa juga mengelilingi LPKA untuk melihat tempat kegiatan keterampilan anak binaan seperti ruangan tata boga, ruangan menyablon dan lainnya.

Mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok terdiri dari 10 -11 orang. Ini terlihat antusias selama melaksanakan rangkaian kegiatan studi lapangan, terlihat dari cara mereka mengeksplore lokasi studi lapangan dan memperluas pengetahuan tentang sistem peradilan anak, hak-hak anak, dan permasalahan anak di Indonesia.

Di LPKA, ternyata tidak boleh bebas seperti kunjungan ke tempat-tempat belajar lainnya. Pengawasan sangat ketat. Setiap yang berkunjung WAJIB menggunakan kartu tanda pengunjung. Tujuannya untuk membedakan antara pengunjung dan anak binaan. Seluruh peraturan harus ditaati bila memang ingin belajar/ berkunjung ke tempat ini.

"Kami sangat senang dan menyampaikan terimakasih atas kunjungan Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun ke LPKA Jakarta hari ini. Tentunya ini menjadi semangat bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik dalam pemenuhan hak dan perlindungan terhadap Andikpas disini, sekaligus menjadi motivasi bagi anak-anak binaan di LPKA ini” ujar Kepala LPKA Kelas II Jakarta


Drafted by : Nurul Alfiah

#lpkajakarta
#studilapangan
#perlindungananak
#pembinaanak
#hukumpidanaanak
#fakultashukumuic


Whatsapp