RAPAT DOSEN FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

21 September 2021

 

Wakil Rektor I (Warek I) Bapak Dr. Baharuddin SPd.,MM menghadiri rapat jelang perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, yang dilaksanakan secara langsung melalui media Zoom Meeting. Dalam sambutanya (Warek I) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menyampaikan terima kasih kepada seluruh bapak, ibu dosen llmu komunikasi, atas dedikasi dan kesediaanya untuk membagi ilmu, waktu dan pikirannya dalam pelaksanaan pengajaran. Memasuki semester perkuliahan diharapkan tetap maksimal dalam melaksanakan pembelajaran sesusai dengan mata kuliah yang diampuh.

Selain pelaksanaan bapak dan ibu dosen juga menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dimana diketahui bersama bahwa, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat merupakan Tri Darma perguru tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap civitas akademika termasuk dosen yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional ( NIDN) yang tentunya akan menambah qum (bobot Nilai) didalam pengurusan jabatan fungsional.

Dan diketahui jabatan sebagai dosen melekat pada dosen itu sendiri. Dimana hal tersebut akan mendukung kiprah dosen dibidang akademik baik dalam peningkatan pangkat akademik, dari jenjang Asisten Ahli ke Lektor hingga Lektor Kepala. Memastikan tujuan tersebut merupakan motivasi setiap dosen apalagi jika kelak mencapai status guru besar maka dibutuhkan eksistensi seorang dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sesuai dengan prasyarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Dirjen Perguruan Tinggi. Hal tersebut dibutuhkan kerjasama yang sinergi antara pihak kampus juga pihak dosen itu sendiri, karena semua proses pencampain tersebut dibutukan motivasi yang tinggi dan tentunya hal tersebut akan memajukan proses pendidikan.

Selain itu, saat ini telah disediakan akses bagi dosen dalam melakasanakan pelaopran Tri Darma Perguruan Tinggi contohnya jika telah melakukan publikasi jurnal penelitian, pengbadian masyarakat, pendidikan maka dapat dilaporkan melalui saudara maupun sijali yang semuanya teringrasi ke dalam satu sistem pelaporan aktivitas dosen yang kepada masing-masing dosen. Dengan demikian motivasi dan semangat didalamnya harus dibangun, arsitektur arsitekturnya akan sangat mendukung dalam pencapain tersebut.

Salam Warek I Bidang Akademik dalam rapat di Fakultas Ilmu Komunikasi. Dekan Ilmu Komunikasi Ibu Sapta Maryati S.So,MIKom juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluru, karena genap diperkuliahan semester genap telah terlaksa dengan baik, baik itu dalam penyampain pelaporan nilai kuliah mahasiswa yang disampaikan tepat waktunya. Hal tersebut merupakan kerja sama yang baik dimana dosen 2 komunikasi dalam perkuliahan selalu tepat waktu. 

Disisi lain Dekan Fakultas Ilmu komunikasi juga menyampaikan bahwa perkuliahan akan dimulai pada hari senin tanggal 27 september 2021 terkait mengenai jadwal kuliahnya akan disampaikan oleh kepala program studi ke masing-masing dosen pengampu mata kuliah.

Dalam Rapat tersebut Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Bapak Rachmat Dimas Sundawa SE.,MM juga menambahkan bahwa mulai semester ini penginputan akan melalui Siakad, untuk teknis pelaksanaan akan segera di informasikan, dan saat ini materi terkait penginputan ke siakad agar mudah untuk di ikuti.

Selain penyampain terkait penginputan nilai juga di informasikan terkait mata kuliah dasar umum akan dilaksanakan secara berani (Online), dan lintas telah ditetapkan (BAAK) sesuai dengan hasil keputusan rapat sebelumnya, dan ilmu komunikasi telah mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Seperti yang diketahui disiplin ilmu di ilmu komunikasi, komunikasi masih dalam rumpun ilmu sosial maka perkuliahan di 2 arsitektur llmu komunis masih diarahkan untuk berani (online), tetapi jika dalam pelaksanaanya terdapat mata kuliah yang harus dilaksanakan dengan tatap muka dosen yang bersangkutan dapat disampaikan ke muka Pimpinan yang nantinya akan digunakan untuk BAAK dan Biro Umum dalam pelaksanaan kuliah tatap muka yang tentunya dengan pelaksanaan protokol kesehatan.

Selain itu dosen Fakultas Ilmu Komunikasi bapak Dr. Darmin Dafid, S.Si,MM.,MIP.,M.Si juga menambahkan bahwa penerapan kampus merdeka dan merdeka belajar, ilmu komunikasi sebenarnya telah melaksanakan merdeka belajar ini, misalnya matakuliah praktek yang telah dilaksanakan di skema laporan dan teknis sesuai panduan dan pedoman yang ada serta rujukan dari Dirjen Perguruan Tinggi, sehingga hal tersebut dapat membantu dalam proses penerapan kampus merdeka.

Hadir dalam rapat wakil Rektor I Bidang Akdemik Bapak Dr. Baharuddin SPd.,MM, Kepala BAAK Bapak Racmat Dimas Sundawa SE.,MM, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Wakil Dekan, Kaprodi dan para dosen.

 

 


Whatsapp