UIC Jakarta Gelar Seminar Internasional Hadirkan Syaikh Prof. Dr. Mouraweh Mosa Naser

05 April 2023

JAKARTA, UIC.AC.ID 5 April 2023  - Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta menggelar seminar internasional menghadirkan pendiri Ikatan Ulama Palestina yang juga Sekjen Komite Al Quds International Union Of Muslim Scholars, Syaikh Prof. Dr. Muraweh Mousa Naser.

Dalam seminar bertajuk Tuntunan Islam Dalam Menghadapi Akhir Zaman, Syaikh Mouraweh mengatakan, hal yang utama dalam menghadapi tuntutan akhir zaman adalah umat islam hendaknya selalu memperkuat keimanan dengan menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Namun tidak cukup hanya dengan itu, karena ibadah secara pribadi tentu akan bisa goyah, karenanya diajurkan untuk banyak berteman dengan orang-orang yang shaleh.

“Berteman dan berkumpul dengan orang-orang shaleh, bertanya kepada para alim ulama dan terus memohon bimbingan dari mereka,” ujarnya saat acara seminar yang digelar di Aula Prof.DR. Badher Djohan,UIC Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

Selain itu, lanjutnya, sebagai seorang muslim juga harus mampu berperan dalam kehidupan. Dia mencontohkan, jika mahasiswa, maka peran mahasiswa adalah terus belajar menuntut Ilmu seluas-luasnya dan mepersiapkan diri untuk menjadi calon agent of change (agen perubahan).

Sementara pembicara dari UIC Jakarta, DR Gamari Sutrisno menjelaskan preodisasi umat islam di akhir zaman. Mengutip hadis nabi Muhammad SWA, Gamari menjelaskan bahwa bahwa waktu yang dimiliki oleh umat manusia sekarang ini hanya sebatas waktu ashar hingga matahari terbenam.

“Artinya waktu yang diberikan Allah untuk umat islam saat ini ibarat waktu asyar hingga magrib, jadi kita berada di ujung kehidupan di dunia ini,” ujar Gamari.

Dia menyebutkan, ada lima episode kehidupan umat islam di akhir zaman. Pertama, nubuah, yakni masa selama 13 tahun kaum kafir dan musrik dan yang kedua adalah 10 tahun masa kepemimpinan nabi Muhammad SAW.

Kedua, masa ke-Khalifahaan yang mengikuti manhaz kenabian selama 30 tahun kemudian. Ketiga, adalah masa kerajaan, selama 13 abad kepemimpinan kaum muslimin, Bani Ummayah, Abasiah dan Kesultanan Otoman Turki yang berakhir pada tahun 1924.

“Masa keempat adalah masa para penguasa yang memaksakan kehendak.  Dan yang ke lima adalah ke-khalifaan umat islam yang mengikuti manhaz kenabian,” jelasnya.

Sementara Rektor UIC, Dr. Rahmah Marsinah mengatakan, kegiatan seminar internasional ini merupakan upaya UIC Jakarta untuk terus membangun diri, sekaligus ikut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan dunia islam saat ini.

“Semoga seminar ini memberikan masukan dan solusi serta bermanfaat bagi perkembangan dunia islam, dan juga memberikan manfaat bagi civitas akedmik UIC Jakarta terutama para mahasiswa kami,” ujarnya.


Whatsapp