UIC SEBAGAI PUSAT STUDI PEMIKIRAN IBNU CHALDUN

13 December 2022

Universitas Ibnu Chaldun di era kepemimpinan Rektor Dr. Rahmah Marsinah, S.H., M.M., M.H mengusung Visi Terwujudnya Perguruan Tinggi Islam yang Unggul, Kretif, Inovatif, Kompetitif dalam Perkembangan Pemikiran Ibnu Chaldun, Kokoh IPTEK dan IMTAQ Di Tahun 2045. Dalam mewujudkan visi tersebut, UIC berfokus kepada penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yang unggul, berbasis teknologi dalam rangka menghasilkan SDM yang kompetitif dan berkarakter serta mendorong kebaharuan ilmu pengetahuan yang dijiwai pemikiran Ibnu Chaldun.

Berkaitan hal tersebut, diimplementasikan dengan menerapkan kurikulum berbasis kepada program MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka) yang di dalamnya memiliki mata kuliah ciri khas atau kekhususan yakni Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam dan Mata Kuliah Pemikiran Ibnu Chaldun.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun menugaskan Wakil Rektor I Muhammad Setiawan S. Dj, S.Psi., M.Si untuk melakukan pemuktahiran RPS dan Modul ke dua mata kuliah tersebut. Pemuktahiran di awali dengan mengajak stakeholder internal untuk merumuskan hal tersebut melalui rapat yang di selenggarakan pada tanggal 13 Desember 2022 bertempat di ruang rapat rektorat yang dihadiri oleh Dr. Suhardin, S.Ag, M.Pd.I (Kepala Lembaga Penjaminan Mutu); Kaspudin Noor, S.H, M.Si (Kepala Lembaga Pengkajian Islam) R Dimas Sundawa, S.E., M.M (Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan).

Selain nama-nama tersebut hadir juga dosen pengampu kedua mata kuliah tersebut, yakni: Dr. Moch. Siddiq, M.Si, M.Pd; Dr. Hasinggahan, M.Pd.I; Imam Dzakwan, M.Ag; Ahmad Sofiudin, Lc, MA dan Drs. Dahri Zaenal, M.Si. Diharapkan melalui langkah awal ini Universitas Ibnu Chaldun dapat mewujudkan visi besar tersebut serta menghasilkan produk yang bisa menjadi rujukan secara nasional maupun internasional dalam studi Pemikiran Ibnu Chaldun.


Whatsapp