UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Ibnu Chaldun Bersama Pagar Nusa Cabang Jakarta Pusat Gelar Ujian Kenaikan Tingkat di Universitas Ibnu Chaldun

01 July 2024

Pencak silat merupakan olahraga beladiri tradisional dari Indonesia. Jenis olahraga ini membutuhkan teknik yang benar sekaligus konsentrasi yang baik. Pencak silat termasuk ke dalam jenis olahraga ekstrim tapi memiliki segudang manfaat. Selain untuk membela diri, adapula beragam manfaat lain yang terdapat di dalamnya.

Setelah menjalani beberapa masa latihan dan laga untuk mengasah keterampilan, tiba masanya ujian kenaikan tingkat bagi peserta pengikut perguruan pencak silat untuk menguji kemampuan dan pengetahuannya selama berlatih. kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa – UKM Pencak Silat Pagar Nusa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bersama Pagar Nusa cabang Jakarta Pusat bersama-sama menggelar ujian kenaikan tingkat yang dilaksanakan dua hari pada 29-30 Juni 2024.
Ujian kenaikan tingkat kali ini diikuti peserta 80 peserta dari UKM Pagar Nusa Universitas Ibnu Chaldun, Pagar Nusa Cabang Jakarta Pusat dan Pimpinan Anak Cabang Jonggol.

Dalam sambutannya pembina UKM Pagar Nusa Universitas Ibnu Chaldun, Dr. Retna Dwi Estuningtyas, M.Kom.I., menjelaskan bahwa ujian kenaikan tingkat ini merupakan bagian dari tahapan pengkaderan dan penggemblengan dalam rangka meningkatkan kualitas akhlak, fisik, mental, spiritual serta penguasaan materi yang telah di pelajari selama berlatih. Diharapkan peserta akan lulus dengan baik dan dapat meraih kesuksesan bersama-sama.

Sebagaimana diketahui mengikuti olahraga tentu bermanfaat bagi tubuh, begitupun mengikuti pencak silat juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. beberapa manfaat mengikuti pencak silat diantaranya ialah; Keterampilan bela diri, Menumbuhkan rasa percaya diri, Meningkatkan kesehatan jantung, Melatih fleksibilitas tubuh, Mempertahankan berat badan ideal, Meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, Meningkatkan mood, Meningkatkan refleks, Menambah massa otot, Disiplin dan fokus, Pengendalian emosi, Self-healing secara mandiri, Melestarikan warisan budaya dan identitas.

Ujian kenaikan tingkat berlangsung dengan beberapa agenda kegiatan diantara pemberian materi wawasan NU dan kebangsaan, tes wawasan, istighosah an-nahdliyah, ujian fisik dan tekhnik. Ujian kenaikan tingkat yang berlangsung dua hari dengan padat kegiatan ditutup dengan baiat anggota dan penyerahan sabuk oleh ketua PCPN Jakarta Pusat Lutfi Aziz.

UKM Pagar Nusa


Whatsapp