PEMBANGUNAN MASJID HIKMATUL ILMI

10 September 2020

Masjid Hikmatul Ilmi  Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta yang beralamat di Jalan Pemuda l Kav. 97 Rawamangun Jakarta Timur, didirikan sekitar tahun 1982-1983 pada saat UIC menempati Kav. 97 Jalan Pemuda l, Rawamangun Jakarta Timur. Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dibangun setelah UIC yang semula beralamat di jalan Senen Raya, Jakarta Pusat, dipindah ke jalan Pemuda l Kav. 97 Rawamangun Jakarta Timur sebagai konsekuensi dari pembangunan kota Jakarta, yang menjadikan Senen sebagai kawasan bisnis. 

Sejak Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dibangun dan ditempati tahun 1983, selama 35 tahun lamanya,  Masjid itu  belum pernah direnovasi apalagi dibangun kembali, sehingga kondisi bangunannya sudah lapuk.  Disamping itu, perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta serta masyarakat di sekitar UIC Jakarta,  sudah tidak mampu menampung jamaah Masjid tersebut.  Masjid Hikmatul Ilmi  bukan hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa dan karyawan UIC, tetapi juga masyarakat yang bermukim di sekitar Universitas Ibnu Chaldun Jakarta. Olehnya itu pimpinan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Bapak Musni Umar dan Ketua Yayasan Pembina pendidikan Ibnu Chaldun Bapak H. Edy Haryanto SH.,MH  beserta pengurus membangun bangunan baru Masjid Hikmatul Ilmi. Tentunya dalam pembangunan tersebut diharapkan doa dan dukunganya dalam proses pembangunan masjid hikmatul ilmi, saat ini Panitia pembangunan Masjid Hikmatul Ilmi telah memulai pembangunan lantai satu.

Harapan dari pembangunan masjid tersebut setelah didirikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana Ibadah Umum. Disamping itu Masjid Hikmatul Ilmi dapat menjadi sarana pendidikan yang berbasis pendidikan karakter Mahasiswa dan masyarakat agar meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan rasa cinta kepada nusa dan bangsa Indonesia.